Posted by : Baso Muh Alwi Selasa, 07 Juni 2016


A.    PENGERTIAN CLOUD COMPUTING
Cloud Computing terdiri dari 2 kata, yaitu Cloud dan Computing. Cloud jika  diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti awan, sedangkan Computing yang berasal dari kata Compute jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti perhitungan. Jika kedua kata tersebut digabungkan maka, Cloud Computing merupakan komputasi atau perhitungan yang dilakukan di awan. Awan yang dimaksud disini adalah jaringan internet.

B.     SEJARAH CLOUD COMPUTING
Sejarah Cloud Computing tercatat mulai pada tahun 1960-an. Dimana pada saat itu seorang ahli komputer dari MIT memberikan gagasan bahwa kelak pada suatu hari akan lahir infrastruktur publik untuk sebuah komputasi layaknya layanan listrik dan telepon. Lalu pada tahun 1990-an ide itu mulai direalisasikan dengan hadirnya konsep ASP atau Application Service Provider yang memungkinkan pengelolaan data secara terpusat oleh suatu perusahaan. Ide-ide tersebut terus berkembang hingga pada tahun 1995 lewat Larry Ellison sang pendiri Oracle menggagas ide yang diberinama Network Computing.

C.     CARA KERJA SISTEM CLOUD COMPUTING
Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk log in ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.


D.    KELEBIHAN dan KEKURANGAN CLOUD COMPUTING
1.      Kelebihan Cloud Computing
a.       Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer.
b.      Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja.
c.       Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastructure.
d.      Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server.
e.       Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana.
f.       Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun.
g.      Kolaborasi yang terpercaya.
2.      Kekurangan Cloud Computing
a.       Komputer akan menjadi lemot  atau lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali bila internet putus.
b.      Komputer akan menjadi lambat kinerjanya jika koneksi internet kita juga lambat.
c.       Komputer akan menjadi sangat lambat karena diakses oleh banyak pengguna sehingga server akan menerima banyak sekali permintaan.
d.      Jika tidak mempunyai backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada cloud computing.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desain Grafis - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -